5 Manfaat Membaca Buku Untuk Kesehatan

Minggu, 20 Maret 2011


Rajin membaca dapat membuat orang kaya akan wawasan dan informasi. selain itu, membaca juga bermanfaat bagi kesehatan dan otak kita. Dari penelitian para ilmuan ada 5 manfaat yang paling utama dari membaca yaitu:
1. Melatih Otak
            Salah satu keuntungan dari membaca buku adalah melatih otak dan pikiran. Membaca dapat membantu otak agar selalu menjalankan fungsinyasecara sempurna. Saat membaca otak dintuntut untuk lebih berfikir keras sehingga dapat membuat orang lebih cerdas. Tapi untuk latihan otak ini, membaca harus dilakuka lebih rutin lagi.
2. Meringankan Sters
 Sters adalah faktor resiko dari beberapa penyakit yang berbahaya. Untuk mengurangi sters, dapat membaca buku terutama buku fiksi sebelum tidur. Cara ini dianggap bagus untuk menghilangkan sters.
3. Menjauhkan Resiko Penyakit Cepat Lupa
 Membaca dapat benar-benar meningkatkan daya ikat otak. Penilitian telah menunjukkan bahwa membaca majalah, mengisi teka-teki, mengisi sudoku dan lain-lain dapat menunda untuk mencegah kehilangan memori. Menurut para peneliti, kegiatan ini dapat merangsang sel-sel pada otak untuk tumbuh dan berkembang.
4. Mengembangkan Pola Tidur yang Sehat
            Bila anda terbiasa membaca buku sebelum tidur, maka itu bertindak sebagai alaram bagi tubuh untuk mengirimkan sinyal bahwa saatnya waktu tidur. Ini akan membawa anda tidur nyenyak dan bangun segar di pagi hari.
5. Meningkatkan konsentrasi
            Orang yang suka membaca buku akan memiliki otak yang lebih fokus dan konsentrasi. Karena fokus ini, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. Membaca juga akan melatih kita dalam mengambil keputusan.
            Jadi, jangan hanya menghabiskan waktu hanya untuk menonton dan bermain game komputer, tetapi juga luangkan waktu anda untuk membaca buku. Kegiatan ini sangat banyak mamfaatnya.


0 komentar:

Posting Komentar